Percobaan 1.2


Modul II
COUNTER, SHIFT REGISTER
DAN SEVEN SEGMENT

Percobaan 1 :

A. Asynchronous Binary Counter 4 bit dengan 4 J-K flip-flop
1. Pastikan semua supply dalam keadaan off
2. Hubungkan jumper seperti rangkaian dibawah
3. periksakan rangkaian kepada asisten yang mengawas
4. Hidupkan semua supply
5. Tekan tombol Reset
6. Amati percobaan, jika tidak sesuai perbaiki rangkaian 
7. Jika sesuai, maka selesai dan demokan pada asisten yang mengawas
8. Jelaskan prinsip kerja + teori dan hubungan keduanya kepada asisten
9. Demokan ke pembimbing praktikum
10 .Matikan supply

B. Prosedur Percobaan :

1. Rangkai rangkaian seperti gambar
2. Set Switch B0 ke logika 1, Analisa Output yang terjadi, operasi reset dapat dilakukan setiap saat dengan menset Switch B0 ke logika 0. Gambarkan bentuk sinyal CLK terhadap H0,H1,H2 dan H3, dan analisa hasil tersebut.


1.Hardware.[kembali]




2.Gambar Rangkaian Simulasi.[kembali]




3. Video Simulasi.[kembali]





Video Simulasi

4. Kondisi.[kembali]


1. Amati gelombang pada sinyal clock
2. Bentuk gelombang pada sinyal yang diterima H0
3. Bentuk gelombang pada sinyal yang diterima H1
4. Bentuk gelombang pada sinyal yang diterima H2
5. Bentuk gelombang pada sinyal yang diterima H3

5. Analisa.[kembali]


  1. Apa pengaruh sinyal Clock terhadap lampu (H0,H1, H2, H3) ?
          Jawab :

Pada percobaan H0, H1, H2, dan H3 merupakan urutan bilangan binner, maka setiap penghitungan oleh counter sinyal clock yang diterima flip-flop akan bergnati-gantian untuk bernilai 1 dan juga bernilai 0. Untuk H0 merupakan MSB (Most Significant Bit) dan untuk H3 merupakan LSB (Lost Significant Bit). Maka nilai terbesar bit ada pada H0 dan bit terkecil ada pada H3. Maka sinyal Clock yang masuk dari lampu H akan masuk terlebih dahulu ke H3, lalu menuju H2, dan diteruskan ke H1, serta terakhir menuju H0.

      2.  Bagaimana Counter dapat menghitung bilangan binner ?

          Jawab :

Penghitunga counter terjadi berdasarkan lampu yang bernilai 1, bilangan binner dimulai dari 0000 sampai pada 1111. Bilangan terkecil adalah 1 dan yang terbesar adalah 16, didapat dari 20 dan 24.

6. Link Download.[kembali]

    File Rangkaian  [disini]
    Video Simulasi  [disini]
    File HTML         [disini]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar